Jumat, 15 Mei 2020

5 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak


Untuk anda yang mempunyai laptop, terlebih lagi yang mempunyai laptop baru pastinya baterainya akan awet. Semua peralatan elektronik jenis apapun dan peralatan komputer yang memiliki baterai pastinya akan awet pada saat pembelian baru. Semakin lama penggunaan laptop tersebut, semakin mengurang juga baterainya karena akibat pemakaian yang sangat berlebihan ataupun kesalahan penggunaannya, banyak sekali yang memiliki laptop di sebabkan karena pemiliknya sendiri. Banyak sekali yang mengatakan bahwa semakin lama penggunaan laptop semakin kurang juga daya baterainya. Dimana si pengguna laptop yang biasanya mencharger laptop dengan waktu 1 jam saja, tetapi dimana pemakaiannya yang sudah lama mencharger laptop menjadi lebih lama juga. Berikut ini akan membahas tentang cara Merawat Baterai Laptop yang benar.

Beberapa Langkah Untuk Merawat Baterai Laptop


Banyak sekali orang-orang yang menggunakan laptop ketika baterainya sudah mulai habis tidak langsung di charger, tetapi malah di diamkan atau dimainkan terlebih dahulu menunggu baterainya habis. Hal itulah yang harus dijauhkan agar tidak berdampak rusak. Apalagi yang sudah di charger tetapi masih saja di mainkan. Berbeda dengan pengguna laptop yang sering berganti-ganti baterai laptop. Nah berikut ini adalah cara-cara untuk merawat baterai dengan benar agar tidak rusak.


  • Cara pertama adalah Sebelum di charger ada baiknya suhu laptop dingin. Kenapa suhunya dingin ? Ketika anda ingin melakukan charge laptop, terlebih dahulu suhu laptop dingin, agar melakukan proses penchargeran lebih cepat dibandingkan dengan melakukan penchargeran dengan suhu panas. Ketika suhu laptop panas lakukan pendinginan selama 10-15 menit saja.

  • Cara kedua adalah Pastikan Laptop dengan keadaan mati, lebih baik mencharger laptop dengan keadaan mati, untuk mempercepat proses charger laptop. Selain itu juga lebih aman untuk keadaan daya tahan baterainya. Sama hal nya dengan handphone. Memang seharusnya seperti itu semua jenis elektronik.

  • Cara ketiga adalah Nah ketiga ini juga sangat penting, jangan pernah melakukan baterai yang sampai habis total. Dari situlah salah satu penyebabnya baterai laptop rusak. Jika kalian ingin menggunakan baterai dengan awet lakukan penchargeran sebelum baterai habis total.

  • Cara keempat adalah Gunakan Chargeran yang asli, tidak hanya laptop saja yang diharuskan untuk menggunakan chargeran yang asli, tetapi smartphone juga sama. Jika kalian menggunakan chargeran yang palsu periode si chargeran juga tidak akan cepat untuk memprosess daya baterai.

  • Cara kelima ini adalah Nah yang kelima ini pastikan anda tidak memainkan laptop dengan keadaan di charger. Jika kalian menggunakan laptop dengan keadaan di charger maka kedepannya akan mengurangi daya tahan si baterai. Hal ini juga akan merusak laptop. Sebab itulah yang lebih penting untuk merawat baterai.

  • Cara keenam adalah Jika baterai sudah penuh dalam 100% diharuskan untuk segera dicabut. Jika kalian tidak segera mencabutnya akan merusak si laptop juga. Hal ini yang harus dijauhkan. Jangan sampai terjadi hal seperti ini. Apalagi ketika anda meninggalkan laptop dengan keadaan mencharger pastinya anda akan lupa untuk mencabutnya.

Itulah beberapa cara untuk merawat baterai laptop dengan benar yang bisa disampaikan dalam artikel ini, pastikan anda menggunakan tips-tips yang ada di atas tersebut, untuk menghindari adanya kerusakan pada laptop dan juga baterai anda.