Rabu, 27 Mei 2020

Tutorial Cara Menggunakan MS. Excel Untuk Pemula


MS. Excel merupakan sebuah program yang spreadsheet yang mana banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Dimulai dari pekerja kantor, pelajar, sampai mahasiswa. Dimana program ini juga berfungsi seperti kalkulasi yang sederhana hingga bisa membuat grafik. Dimana software ini juga bisa kalian gunakan untuk melakukan hitungan yang rumit hingga bisa di proses oleh data. Ilmu ini pastinya memang harus kalian kuasai sejak dini, karena dimana mengingat akan pentingnya di dunia kerja nanti. Yang mana pastinya banyak digunakan perusahaan dan juga pengguna formula pada excel ini lebih jauh tinggi ketimbang hitungan manual. Berikut ini cara-cara menggunakan excel.

Tips Menggunakan MS. Excel


Untuk itu kalian yang belum bisa menggunakan software ini tidak perlu khawatir karena kalian bisa belajar dengan melihat tutorial Excel lengkap di Youtube, Web dan masih banyak lainnya di internet. Dengan begitu kalian bisa lebih mudah untuk memahaminya. Nah, mengingat akan pentingnya software MS. Excel ini kalian bisa simak beberapa yang bisa kalian gunakan ketika kamu baru saja memulai program ini.


  1. Membuat tabel
    Kalian bisa menggunakan fitur tabel yang mana untuk merapikan data yang telah kalian masukan ke excel. Dengan memasukan file ke dalam sebuah sel bukan berarti data tersebut sudah menjadi tabel, kalian bisa mengubahnya dengan menjadi tabel Dengan melakukan blok bagian data yang ingin kalian sediakan di tabelnya.  Pilihlah Tables, dengan begitu tabel yang kalian inginkan sudah jadi. Silahkan coba membuat tabel dengan adanya data yang lebih komplek.

  2. Gunakan template untuk mempercepat kerja
    Di Dalam software ini terdapat ratusan template yang mana siap untuk kalian gunakan di berbagai kondisi yang kalian inginkan. Dengan hanya membuka sebuah worksheet excel, dengan begitu mudah menekan tombol CTRL + N untuk membuka sheet. Silahkan kalian gunakan untuk mempercepat kerja kalian, dengan lebih cepat lagi.

  3. Kenali macam-macam ekstensi file
    Sebelum kalian menyimpan lembar kerja di dalam hard drive, kalian meski tahu nama ekstensi file dari ms.excel. Yang paling umum digunakan adalah xlsx, xlsm, xlsb dan xlx pada file workbook. Jika kalian menggunakan template maka file yang kalian ketahui xlt, xltm dan xltx.

  4. Gunakan Autosum untuk mengolah data
    Autosum merupakan yang mana berfungsi untuk menghitung secara cepat dan juga tanpa perlu lama-lama mengetahui rumusnya dengan menghitung secara cepat. Misalnya kalian menjumlahkan 15 angka yang terdapat pada 15 sel dalam 1 baris. Dan yang harus kalian lakukan dengan menyeleksi semua sel dan melakukan klik Home Autosum. Selain itu juga ada kalkulasi lain seperti :
    *SUM : Penjumlahan
    *Average : Mencari nilai rata-rata
    *Max : Mencari nilai yang paling besar
    *Min : Mencari nilai yang paling kecil
    *Count Numbers : Mendapatkan jumlah sel yang diseleksi
    Bisa kalian coba untuk menggunakan fungsi manual ini yang mana adanya fungsi-fungsi lainnya.

  5. Membuat grafik 
    Data yang disajikan lewat tabel mungkin sudah terlihat rapi, tetapi sebuah data yang ditampilkan lewat grafik akan mudah lebih jauh terlihat menarik. Caranya juga cukup mudah misalnya “Peralatan Olahraga” dan “Barang” dengan kalian tekan tombol CTRL untuk memilih kedua kolom tersebut. Dan selanjutnya lakukan blok terlebih dahulu kolom daftar dan tekan tombol CTRL dan kemudian blok lagi kolom tersebut.

  6. Penghitung dasar
    Untuk menghitung angka dan juga memanipulasi data lainnya, mempunyai istilah sendiri dengan istilahnya yaitu menggunakan “Fungsi” yang bisa dikatakan “Rumus”  agar angka yang keluar sesuai dengan yang kita inginkan. Dengan anda mengklik kotak yang tersedia d Excel dan begitu ketik tanda sama dengan (=)
    contoh : 2 + 2 = 4 dengan diketik terlebih dahulu sama dengan di depan =2+2 dan begitu Enter, maka akan keluar hasilnya. Adanya tanda operator yang bisa digunakan untuk menghitung dasar :
    - (+) melakukan operasi tambahan
    - (-) melakukan untuk operasi pengurangan
    - (*) tanda bintang untuk operasi perkalian
    - (/) garis miring melakukan pembagian

  7. Memformat angka
    Contoh 100% tentu berbeda dengan Rp. 100 meskipun kalian mengetik sama dengan angka 100 penggunaanya berbeda. Dan di excel bisa mengubah format angka sesuai dengan yang diinginkan. Dengan cara blok terlebih dahulu angka yang akan diubah formatnya selanjutnya bagian Number, klik menu gulir yang bertulis General, setelah itu pilihlah format angka yang kalian inginkan.


Itulah beberapa tips menggunakan software MS. Excel bagi kalangan pemula, yang tidak perlu pusing lagi untuk menggunakannya. Dimana program ini juga yang mudah untuk dipelajari dan juga program yang mengingat akan pentingnya ketika di dunia kerja, di berbagai perusahaan-perusahaan.